Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MAN 2 Madiun

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MAN 2 Madiun

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

 

Program ini sudah disosialisasikan ke seluruh sekolah di tahun pembelajaran kemarin termasuk MAN 2 MADIUN. Dalam program ANBK ini MAN 2 MADIUN  menunjuk seorang proktor sebagai operator pengontrol jalannya kegiatan ANBK dan seorang teknisi. Untuk proktor MAN 2 MADIUN yaitu Nur Kholis. ,serta dibantu oleh teknisi juga yaitu Adam Basyaruddin Al Mabrury, S.Kom.

Untuk mendukung program ini, pihak sekolah mempersiapkan sebaik mungkin baik dari fasilitas dan juga kesiapan anak, seperti menyediakan perangkat komputer dan juga jaringan internet serta membeli buku AKM dan memperbanyak latihan soal bagi siswa.

Di MAN 2 Madiun ada 42 peserta didik yang ikut andil di dalam pelaksanakan ANBK ini, dimana dari ke 42 peserta didik ini dibagi dalam 3 sesion, Agar pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar pada hari H nya tentu harus melalui tahapan tahapan mulai dari persiapan, simulasi dan lain sebagainya. Di MAN 2 Madiun ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi ANBK ini. Di awali dengan persiapan Data Web ANBK yang dilaksanakan pada tanggal 10-20 September 2021, dilanjutkan dengan Sinkronisasi AN SMA/MA/SMALB pada tanggal 24-26 September.

MAN 2 MADIUN

Sedangkan pelaksanaan ANBK dilaksanakan di gelombang  I (pertama) selama dua  hari yaitu hari ini Senin dan Selasa tanggal 27-28 September 2021 dengan jadwal hari pertama adalah Literasi dan hari kedua Numerasi. Untuk hari ini peserta didik mengerjakan asesmen literasi dengan 3 jenis subtes,  Subtes 1 adalah latihan (10 menit) di lanjutkan subtes 2 adalah literasi (90 menit) dan subtes ke 3 adalah survei karakter (30 menit). Jadi total waktu yang dibutuhkan adalah 140 menit.

Tidak hanya MAN 2 Madiun  saja yang melaksanakan Asesmen di gelombang 1 ini. Akan tetapi juga dilaksanakan oleh seluruh MA, baik MA Negeri maupun MA Swasta di Kabupaten Madiun secara serentak.

Semoga dengan di adakannya ANBK ini apa yang menjadi harapan dari dunia pendidikan di Indonesia bisa tercapai dan terwujud. Aamin ya Rabbal Alamin. An full width

1 Komentar